Istilah-Istilah Logistik Yang Wajid Anda Ketahui

istilah-istilah dalam industri logistik

Terdapat beberapa istilah-istilah penting dalam dunia logistik yang wajib diketahui, khususnya bagi anda yang akan melakukan pengiriman barang. 

Logistik, ekspedisi, atau cargo sendiri secara sederhana memiliki definisi, semua barang yang dikirim melalui udara, laut, atau darat.

Barang tersebut biasanya diperuntukan sebagai barang komersial atau diperdagangkan. Baik antar wilayah antar kota di dalam negeri (domestik) maupun antar negara (Internasional) yang dikenal dengan istilah ekspor-impor.


Berikut ini adalah beberapa istilah dalam industri logistik:

Pada kesempatan kali ini, Papandayan Cargo akan menyajikan pengertian dari istilah istilah dalam dunia logistik lainnya. Karena mengetahui arti dari istilah ini sangat penting apabila anda ingin  terjun ke dalam industri logistik.

1. Shipper

Pengirim barang atau Eksportir (apabila keluar dari wilayah pabean). Biasa shipper berkaitan dengan pihak ekspedisi yang menjadi perantara yang menyampaikan barang pada pihak penerima.

2. Consignee

Importir atau si penerima barang. Dalam istilah ini biasanya Anda diharuskan untuk menyebutkan nama dan alamat lengkap yang tertulis dengan jelas.

3. Customer Clearance

Kegiatan administratif untuk memproses keluarnya barang dari suatu wilayah pabean sebuah negara dan administrasi pemerintahan.

4. Description of Goods

Informasi barang yang dijelaskan secara deskriptif sehingga memberikan informasi secara gamblang mengenai barang yang dikirim. Description of Goods biasanya ditemukan pada Packing List dan Juga Bill of Lading.

5. Shipping Mark & Number

Merupakan hal terpenting di dalam memberikan tanda dan penomoran dan jumlah barang yang dikirimkan dengan menggunakan kode khusus untuk mempermudah mengenali kepemilikan barang. Penomoran tersebut dapat kita temui di dalam packing list dan juga Bill of Lading.

6. Bill of Lading

Dapat diartikan bahwa Bill of Lading dalam dunia cargo adalah bukti dalam bentuk dokumen pengiriman barang dan juga pengambilan barang. Form Bill of Lading juga biasa digunakan di dalam proses ekspor dan impor barang sebagai bukti pengiriman dan pengambilan.

7. Notify Party

Informasi yang berbentuk pemberitahuan mengenai proses pengiriman antara pengirim dan penerima barang cargo. Dalam hal ini diperlukan kesepakatan penulisan alamat antara pengirim dan penerima barang.

8. DO (Delivery Order)

Informasi barang yang dijelaskan secara deskriptif sehingga memberikan informasi secara gamblang mengenai barang yang dikirim. Description of Goods biasanya ditemukan pada Packing List dan Juga Bill of Lading.

9. Vessel

Artinya adalah Kapal Bermesin. 

10. Mother Vessel

Adalah kapal pengangkut barang yang memiliki kapasitas yang besar untuk digunakan sebagai kapal barang atau cargo yang diperuntukkan mengangkut barang di dalam peti kemas.

11. Voy (Voyage)   

Urutan Nomor yang digunakan untuk keberangkatan kapal.

12. G.W (Gross Weight)

Merupakan berat total dari barang yang dihitung beserta berat wadahnya, dalam istilah lain disebut juga berat kotor.

13. N.W (Net Weight)

Berat asli barang tanpa wadah atau packing, yang biasa juga disebut berat bersih.

14. LCL (Less than Container Load)

Istilah dalam pengiriman barang yang menggunakan sebagian muatan dari kontainer barang.

15. FCL (Full Container Loaded)

Istilah dalam pengiriman barang menggunakan muatan penuh kontainer barang.

16. CY (Container Yard)

Memiliki arti pelabuhan petikemas dimana barang yang akan diberangkatkan dan telah sampai dikumpulkan. 

17. DOOR

Alamat pengirim atau penerima barang di dalam istilah cargo.

18. ETD (Estimation Time of Departure)

Adalah istilah untuk perkiraan waktu keberangkatan kapal dari pelabuhan.

19. ETA (Estimation Time of Arrival)

Adalah istilah untuk perkiraan waktu ketibaan kapal di pelabuhan tujuan.


Ekspedisi Cargo Aman & Terjangkau

Papandayan Cargo telah menjadi salah satu yang terbaik dalam urusan pengiriman barang dan dipercaya oleh banyak customer untuk menjadi teman terbaik dalam setiap kegiatan pengiriman barang ke seluruh Indonesia.

Mengutamakan keamanan dan keselamatan barang kiriman, Papandayan Cargo dengan sepenuh hati menjaga barang kiriman hingga sampai tujuan.

Papandayan Cargo menerapkan standart pengiriman ketat dengan tujuan untuk memfilter barang-barang yang dapat dikirim dan tidak menimbulkan resiko kedepannya.

Hubungi Kami Untuk Segala Urusan Ekspedisi

cta ekspedisi Surabaya Deni
Kontak ekspedisi surabaya
wa ekspedisi surabaya

Papandayan Cargo Delivering Happiness”.

Last Updated on 13/07/2022 by Kem Ekspedisi Surabaya

5/5 - (41 votes)
Butuh informasi Ekspedisi dari Surabaya. Silahkan tanyakan apapun!