Tips Kirim Barang Cair Paling Aman, Begini Caranya

Ekspedisi Barang Cair Surabaya
Ekspedisi Kirim Barang Cair Surabaya

5 Cara Kirim Barang Cair Paling Jitu

Barang cair merupakan barang yang istimewa bila dalam dunia ekspedisi. Sebab tak mudah kirim barang cair ke lokasi yang jaraknya jauh. Goncangan menjadi salah satu kekhawatiran tersendiri yang mungkin menyebabkan barang cair tersebut tumpah atau rusak bahkan meledak.

Nah, sebelum hal itu terjadi. Kamu bisa mencegahnya dengan mempelajari bagaimana cara yang tepat dalam mengemas barang cair agar bisa sampai ke tujuan dengan selamat. Sudahkah kamu mengetahuinya?

Jika belum, yuk pahami 5 cara kirim barang cair paling jitu berikut ini!

Pilihlah Ekspedisi yang Menyediakan Layanan Kirim Barang Cair

Tidak semua ekspedisi di Indonesia menyediakan layanan pengiriman barang cair. Kebanyakan hanya menerima barang reguler seperti benda padat, baju, tas, sepatu dan lain sebagainya. Penolakan terhadap barang cair memang didasarkan pada risiko yang tinggi. Apalagi jika itu termasuk bahan kimia atau sejenisnya. Bahan semacam itu termasuk kategori istimewa dari ciri khas dan harganya yang cenderung mahal.

Jadi, pilihlah ekspedisi yang melayani pengiriman barang cair dan sudah terjamin kepercayaannya. Kamu bisa mencarinya melalui situs pencarian atau bertanya langsung kepada orang orang terdekat. Jika sudah menemukannya, selanjutnya kamu bisa mengikuti langkah langkah di bawah ini.

Packing Barang Cair Sesuai Karakteristiknya

Langkah awal, kamu perlu mengetahui karakteristik dari benda cair yang akan kamu kirimkan. Sebab beda pastinya antara minyak dengan cat air, kecap dengan sirup, sabun cair dengan larutan kimia, dan lain sebagainya. Masing-masing memiliki perlakuan yang berbeda.

Jika benda cair tersebut sudah dikemas dalam kemasan plastik, misalnya seperti minyak kemasan, kecap kemasan atau sabun cair, maka biasanya akan dikemas lagi dalam kardus atau karton bila jumlahnya banyak. Kemudian dari kemasan karton, kamu lapisi dengan bubble trap agar terhindar dari benturan. Bila ingin lebih kuat dan tahan banting, lapisi lagi dengan packing kayu.

Perlakuan yang hampir sama juga berlaku pada benda cair yang dikemas dalam botol kaca atau botol plastik. Biasanya pada botol kaca diberikan pengemasan khusus agar lebih aman.

Saat mendata ke bagian administrasi ekspedisi, jelaskan pada petugas tentang karakteristik barang cair yang kamu kirimkan. Sehingga mereka bisa lebih berhati-hati saat memperlakukan paket yang kamu berikan. Perlu kamu ketahui bahwa nantinya semua paket dari pelanggan akan dikumpulkan di gudang sebelum dikirim, kecuali paket ekspres tertentu. Nah, tak jarang paket paket tersebut ditumpuk untuk menghemat ruangan penyimpanan.

Pertimbangkan Lamanya Waktu Pengiriman

Estimasi durasi pengiriman atau waktu pengiriman menjadi hal wajib yang harus kamu pertimbangkan ketika mengirimkan barang cair. Beberapa barang cair, seperti larutan kimia cenderung mudah menguap atau meledak bila disimpan dalam tempat tertutup atau panas terlalu lama. Jadi, sebaiknya pilihlah paket ekspres dengan estimasi waktu 2 sampai 3 hari.

Selain menjaga barang tetap utuh, orang yang menjadi tujuanmu tentu lebih senang jika paket pesanannya datang lebih cepat.

Harga Jasa Pengiriman Barang Cair

Beberapa ekspedisi memberlakukan harga yang berbeda pada pengiriman barang cair daripada barang reguler. Sebab memang perlakuan dan armada yang digunakan pun biasanya dibedakan.

Jika harganya terlalu mahal, bahkan lebih mahal dari harga barangnya maka pikirkan dulu dengan matang. Diskusikan juga dengan pembeli atau orang yang dituju. Bila ia setuju, maka tak mengapa harga mahal asal barang sampai dengan selamat.

Namun, bila ia tidak setuju maka kamu tugas kamu selanjutnya adalah mencari ekspedisi lain yang tepat dan disetujui oleh semua pihak.

Pertimbangkan Jalur Pengiriman

Tidak semua barang dari pelanggan akan dikirimkan melalui jalur darat. Bila jarak tempuhnya sangat jauh atau antar pulau dimana tidak ada jalur darat untuk mencapainya, maka diperlukan transportasi jalur laut atau udara. Biasanya ekspedisi memiliki armada jalur darat tersendiri yang ditangani oleh mereka sendiri. Namun, untuk jalur laut dan udara masih jarang yang memilikinya. Sebagian besar masih bergantung pada pihak kedua.

Nah, di situlah kamu harus berhati hati dan siap menanggung risiko. Meski ada jaminan atau asuransi keutuhan paket dari ekspedisi. Bukan berarti barang cair yang kamu kirimkan akan sampai dengan utuh. Terkadang kerusakan atau kehilangan kerap terjadi akibat ulah oknum yang tidak bertanggung jawab.

Sebaiknya pilihlah ekspedisi yang memiliki armada di semua jalur atau yang memang benar benar bisa dipercaya. Sehingga kamu akan lebih tenang karena paketmu dipegang oleh satu pihak yang telah kamu ketahui identitasnya.

Itulah beberapa cara kirim barang cair paling jitu yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menanyakannya langsung kepada pihak ekspedisi yang kamu tuju. Jangan ragu, tanyakan saja sesuai yang kamu butuhkan. Sebab setiap ekspedisi memiliki kebijakan yang berbeda.