Cara Kirim Motor Lewat Ekspedisi Yang Perlu Diketahui

jasa pengiriman motor Surabaya
jasa irim Motor dari Surabaya ke Seluruh Pulau

Cara pengiriman barang menggunakan jasa ekspedisi untuk saat ini memang semakin digemari oleh masyarakat karena kepraktisannya. Bahkan kita bisa mengirim barang apapun kemanapun kita mau. Sehingga tak heran jika sampai dengan saat ini jasa ekspedisi sudah sangat banyak. Namun sebelum menggunakan jasa ekspedisi tersebut pastikan untuk memilih yang terpercaya agar tidak mengalami resiko kerugian. Kembali ke barang yang dapat dikirimkan menggunakan jasa ekspedisi, tak hanya barang – barang seperti fashion, makanan ataupun yang lainnya. Bahkan kirim motor lewat ekspedisi juga bisa dilakukan. Oleh karena itu tak jarang kita melihat ada motor dengan plat luar daerah atau bahkan luar pulau bukan? Namun untuk bisa mengirimkan motor menggunakan jasa ekspedisi tentu saja harus memperhatikan beberapa hal terlebih dulu. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara untuk mengirimkan motor menggunakan jasa ekspedisi seperti berikut:

Syarat Pengiriman Motor Dengan Ekspedisi
Untuk dapat mengirimkan motor menggunakan jasa ekspedisi, tentu saja Anda harus tahu apa saja persyaratan yang harus dipenuhi. Tujuannya adalah tentu saja agar nantinya tidak mengalami kendala pada saat proses pengirimannya. Selain itu juga untuk menghindari terjadinya masalah di kemudian hari atau selama dalam proses pengiriman. Lalu apa saja persyaratan yang harus dipenuhi? Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Yang pertama tentu saja Surat Tanda Nomor Kendaraan / STNK. Dimana syarat satu ini harus dipenuhi dan menjadi yang terpenting. Namun jika tidak memiliki STNK, mungkin karena hilang atau alasan lain, Anda dapat membawa surat keterangan dari kepolisian.
  2. Kemudian juga harus ada fotokopi BPKB motor tersebut. Namun jika membelinya masih kredit, Anda bisa menggunkan surat jalan dari dealer.
  3. Kunci motor nantinya juga harus dibawa.
  4. Selain itu tentunya mempersiapkan ongkos kirimnya, untuk hal ini tentu saja tergantung dari jarak yang dituju. Sehingga dapat ditanyakan secara langsung.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pengiriman Motor
Selain memperhatikan beberapa persyaratan untuk bisa kirim motor lewat ekspedisi juga perlu memperhatikan beberapa hal. Adapun beberapa di antaranya adalah berikut ini:

  1. Cek kondisi dari sepeda motor di bagian body dan juga mesin.
  2. Gunakan asuransi keselamatan selama proses pengiriman.
  3. Perhatikan cara packing dan gunakan pelindung tambahan di bagian tertentu.
  4. Sistem keamanan selama pengiriman motor tersebut berlangsung hingga sampai ke alamat yang dituju.

Jenis Pelayanan Pengiriman Motor Dengan Ekspedisi
Setiap jasa ekspedisi tentu saja memberikan pelayanan secara maksimal untuk para konsumennya dan dalam sebuah jasa ekspedisi hanya memberikan dua macam pelayanan, adapun beberapa di antaranya adalah seperti berikut ini:

  1. Yang pertama adalah jalur darat, dimana sering kali disebuah sistem trucking karena barang akan diangkut menggunakan mobil box besar atau truk. Motor dalam jumlah banyak biasanya akan diangkut di bagian belakang truk terbuka. Namun untuk 1 atau 2 motor, nantinya hanya akan menggunakan truk kecil. Bahkan juga dapat menggunakan kereta api. Namun untuk keamanannya sangat ketat sehingga harus memenuhi setiap persyaratan.
  2. Selain itu juga dapat dilakukan dengan jalur laut menggunakan kapal. Ada berbagai jenis kapal yang dapat mengangkut pengiriman motor tersebut. Namun juga wajib untuk memenuhi setiap peraturannya. Contohnya kondisi mesin, batas maksimum motor yang akan diangkut dan yang lainnya.

Penentuan Tarif Pengiriman
Jika nantinya sudah menentukan jalur dari pengiriman barang, untuk hal yang perlu diperhatikan adalah tarif dari pengiriman motor itu sendiri. Tujuannya agar nantinya lebih pasti, sehingga tidak akan ada biaya tambahan lagi. Dan berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Menghitung berat dari sepeda motor tersebut lebih dulu dengan berdasarkan jenis ataupun tipenya. Pada setiap kendaraan yang memiliki standar berat berbeda – beda. Misalnya motor bebek sekitar 100 kg, kemudian offroad 150 kg, lalu vespa 200 kg dan yang lainnya.
  2. Kemudian mengecek kapasitas dari mesin karena nantinya bisa mempengatuhi tarif paket pengiriman. Namun bagian satu ini hanya berlaku di dalam kondisi tertentu, misal jarak antar kota maupun daerah terdekat.
  3. Memperhitungkan estimasi dari waktu dan juga lokasi pengambilan barang. Karena semakin jauh jarak, tentunya semakin mahal harga yang harus dibayarkan. Terlebih jika Anda ingin menggunakan jasa pengantaran pihak ekspedisi.
  4. Selain itu perhitungan fasilitas yang nantinya akan digunakan, misalnya seperti jasa packing, kemudian bongkar muatan, keamanan ekstra dan juga asuransi motor.

Karena terdapat banyak hal yang penting untuk dipertimbangkan saat ingin kirim motor lewat ekspedisi, Anda perlu mencari sebuah jasa ekspedisi yang terpercaya. Usahakan untuk tidak hanya berpatokan pada biaya pengirimannya yang murah. Namun juga memperhatikan kualitas, kelengkapan pelayanan dan juga keamanan. Dengan demikian dalam pengantaran motor tersebut akan aman dan selamat sampai tujuan, sehingga tak perlu lagi khawatir.

Last Updated on 09/02/2022 by Kem Ekspedisi Surabaya

Rate this post
WeCreativez WhatsApp Support
Butuh informasi Ekspedisi dari Surabaya. Silahkan tanyakan apapun!
👋 Hi, Bisa Dibantu?